Segmentasi
pasar
Adalah strategi pemasaran yang akan di tetapkan di
tiap-tiap segmen pasar tersebut dan merupakan satu keputusan manajemen yang
paling penting bagi setiap jenis Perusahaan.
Segmen Pasar itu adalah bagian dari pasar secara keseluruhan
sedangkan bagi setiap perusahaan. pasar adalahorang perorangan dan atau
organisasi yang membutuhkan produkj mereka serta mempunyai kemampuan untuk
membelinya.
Segmen pasar terdiri dari pembeli potensial tertentu
yang memenuhi klriteria yang sama. Keriterianya diantaranya dapat berupa Faktor
Demografis tertentu, Tingkat tenagabeli, umur, ras suku, gender. Faktor situasi
khusus dan sebagainaya. Walaupun dalan satu segmen pasar yang sama biasnanya
mempunyai preferensi kebutuhan dan keinginan akan produk yang sama.
© Segmentasi
Pasar secara Geografis
Memusatkan pemasaran
hasil produksi pada satu atau beberapa daerah geografis sering kali memberikan
manfaat tersendiri bagi jenis-jenis usaha bisnis tertentu.
© Segmentasi
Pasar secara Demografis
Faktor ini mempunyai
pengaruh besar terhadap jenis dan tingkat mendesaknya kebutuhan barang dan jasa
dan ini memepengaruhi selera cita rasa, gaya hidup dan pola konsumsi
masing-masing segmen pasar secara demogarfis.
© Segmentasi
Pasar secara Psikhologis
Perusahaan ingin tahu
lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki usia,
penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama berbeda dalam merespon suatu
stimuli pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen diobservasi
melalui gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan
kepribadian (personality).
Segmentasi
Pasar dan Kepuasan Konsumen
Gitosudarmo (2000) manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:
1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.
Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan.
Gitosudarmo (2000) manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:
1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.
Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan.
Segmentasi dan Profitabilitas
Profitabilitas adalah Kemampuan perseroan untuk
menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka
pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari
laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan laporan hasil
kinerja perseroan
Referensi :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/kepuasan-konsumen-pengertian-jenis-dan.html
Siswanto
Sutojo(1995)Manajemen Pemasaran(Damar
Mulia Pustaka)
Segmentasi
Pasar Lippo Cikarang
Segmentasi Pasar secara Geografis
Lippo Cikarang ini memusatkan kepada kawasan industry
di daerah kawan Cikarang.
Sejak di awal tahun 1990, Perusahaan telah menjadi
sebagai salah satu pengembang yang mepelopori pengembangan kualitas tinggi ,
nyaman , sehat dan ramah lingkungan dengan industri sebagai basis ekonomi yang
solid . Sampai saat ini , konsep ini masih dipertahankan dalam pengembangan ,
komersial serta perumahan kawasan industri , dan telah membawa Perusahaan untuk
mencapai berbagai penghargaan . Dengan prasarana dan sarana pendukung terbaik
bisnis dan keluarga Kegiatan , zona Lippo Cikarang terpadu terus berkembang
pesat dan saat ini adalah kota paling lengkap di Jakarta Timur menarik
permintaan yang tinggi . Daerah perumahan kami adalah tempat yang nyaman untuk
tinggal, sedangkan kawasan komersial dan industri kami adalah pilihan yang
tepat untuk investasi .
Jenis Usaha
Berdasarkan artikel terbaru Perusahaan asosiasi sebagaimana tercantum dalam Akta Notaris Nomor 38 , tanggal 8 Agustus 2008 , yang telah dipersiapkan oleh Notaris , Ny Poerbaningsih Adi Warsito SH , dalam kaitannya dengan penyelarasan artikel Perusahaan asosiasi Corporate Undang-undang Nomor 40 , tanggal 16 Agustus 2007 , dengan perubahan terakhir disetujui oleh Menteri Kehakiman tanggal 11 November 2008 , ruang lingkup Perusahaan bisnis meliputi pembangunan perkotaan yang meliputi pengembangan kawasan perumahan dan industri, pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum , penyediaan jasa pendukung , dan investasi , baik secara langsung atau tidak langsung melalui anak perusahaan atau perusahaan patungan dengan pihak lain . Saat ini , kegiatan utama Perusahaan melibatkan kawasan industri , real estate dan penyediaan jasa pendukung .
Jenis Usaha
Berdasarkan artikel terbaru Perusahaan asosiasi sebagaimana tercantum dalam Akta Notaris Nomor 38 , tanggal 8 Agustus 2008 , yang telah dipersiapkan oleh Notaris , Ny Poerbaningsih Adi Warsito SH , dalam kaitannya dengan penyelarasan artikel Perusahaan asosiasi Corporate Undang-undang Nomor 40 , tanggal 16 Agustus 2007 , dengan perubahan terakhir disetujui oleh Menteri Kehakiman tanggal 11 November 2008 , ruang lingkup Perusahaan bisnis meliputi pembangunan perkotaan yang meliputi pengembangan kawasan perumahan dan industri, pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum , penyediaan jasa pendukung , dan investasi , baik secara langsung atau tidak langsung melalui anak perusahaan atau perusahaan patungan dengan pihak lain . Saat ini , kegiatan utama Perusahaan melibatkan kawasan industri , real estate dan penyediaan jasa pendukung .
Referensi :
http://www.lippo-cikarang.com/corporate-milestones
Tidak ada komentar:
Posting Komentar