Jumat, 04 Oktober 2013

Segmentasi Pasar Dan Analisis Demografi


Segmentasi pasar
Adalah strategi pemasaran yang akan di tetapkan di tiap-tiap segmen pasar tersebut dan merupakan satu keputusan manajemen yang paling penting bagi setiap jenis Perusahaan.
Segmen Pasar itu adalah bagian dari pasar secara keseluruhan sedangkan bagi setiap perusahaan. pasar adalahorang perorangan dan atau organisasi yang membutuhkan produkj mereka serta mempunyai kemampuan untuk membelinya.
Segmen pasar terdiri dari pembeli potensial tertentu yang memenuhi klriteria yang sama. Keriterianya diantaranya dapat berupa Faktor Demografis tertentu, Tingkat tenagabeli, umur, ras suku, gender. Faktor situasi khusus dan sebagainaya. Walaupun dalan satu segmen pasar yang sama biasnanya mempunyai preferensi kebutuhan dan keinginan akan produk yang sama.
©    Segmentasi Pasar secara Geografis
Memusatkan pemasaran hasil produksi pada satu atau beberapa daerah geografis sering kali memberikan manfaat tersendiri bagi jenis-jenis usaha bisnis tertentu.
©    Segmentasi Pasar secara Demografis
Faktor ini mempunyai pengaruh besar terhadap jenis dan tingkat mendesaknya kebutuhan barang dan jasa dan ini memepengaruhi selera cita rasa, gaya hidup dan pola konsumsi masing-masing segmen pasar secara demogarfis.
©    Segmentasi Pasar secara Psikhologis
Perusahaan ingin tahu lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama berbeda dalam merespon suatu stimuli pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen diobservasi melalui gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality).
Segmentasi Pasar dan Kepuasan Konsumen

Gitosudarmo (2000) manfaat segmentasi pasar ini, sebagai berikut:
1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.

Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:
1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.


Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.

Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan.

Segmentasi dan Profitabilitas
 
Profitabilitas adalah Kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan

Referensi :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/kepuasan-konsumen-pengertian-jenis-dan.html
Diposkan oleh01 11 09di12.42
Siswanto Sutojo(1995)Manajemen Pemasaran(Damar Mulia Pustaka)
 
 Segmentasi Pasar Lippo Cikarang
Segmentasi Pasar secara Geografis
Lippo Cikarang ini memusatkan kepada kawasan industry di daerah kawan Cikarang.
Sejak di awal tahun 1990, Perusahaan telah menjadi sebagai salah satu pengembang yang mepelopori pengembangan kualitas tinggi , nyaman , sehat dan ramah lingkungan dengan industri sebagai basis ekonomi yang solid . Sampai saat ini , konsep ini masih dipertahankan dalam pengembangan , komersial serta perumahan kawasan industri , dan telah membawa Perusahaan untuk mencapai berbagai penghargaan . Dengan prasarana dan sarana pendukung terbaik bisnis dan keluarga Kegiatan , zona Lippo Cikarang terpadu terus berkembang pesat dan saat ini adalah kota paling lengkap di Jakarta Timur menarik permintaan yang tinggi . Daerah perumahan kami adalah tempat yang nyaman untuk tinggal, sedangkan kawasan komersial dan industri kami adalah pilihan yang tepat untuk investasi .

Jenis Usaha

Berdasarkan artikel terbaru Perusahaan asosiasi sebagaimana tercantum dalam Akta Notaris Nomor 38 , tanggal 8 Agustus 2008 , yang telah dipersiapkan oleh Notaris , Ny Poerbaningsih Adi Warsito SH , dalam kaitannya dengan penyelarasan artikel Perusahaan asosiasi Corporate Undang-undang Nomor 40 , tanggal 16 Agustus 2007 , dengan perubahan terakhir disetujui oleh Menteri Kehakiman tanggal 11 November 2008 , ruang lingkup Perusahaan bisnis meliputi pembangunan perkotaan yang meliputi pengembangan kawasan perumahan dan industri, pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum , penyediaan jasa pendukung , dan investasi , baik secara langsung atau tidak langsung melalui anak perusahaan atau perusahaan patungan dengan pihak lain . Saat ini , kegiatan utama Perusahaan melibatkan kawasan industri , real estate dan penyediaan jasa pendukung .
Referensi :
http://www.lippo-cikarang.com/corporate-milestones

Tidak ada komentar:

Posting Komentar