Kepuasan
Konsumen
Definisi kepuasan konsumen menurut
para ahli yakni:
- Kepuasan konsumen adalah tingkat perbandingan antara apa yang dia terima dan harapannya. (Umar, 2005:65)
- Menurut kotler[1], Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Jadi, kepuasan merupakan fungsi dari persepsi atau kesan atas kinerja dan harapan.
- Biong menjelaskan kepuasan sebagai sebuah konsekuensi atau akibat atas pengalaman satu pihak terhadap kemampuan pihak lain untuk memenuhi norma-norma atau aturan-aturan dengan harapan-harapannya.
Dari definis-definisi diatas, dapat
disimpulkan bahwa kepuasan konsumen adalah perasaan seseorang atas apa yang
didapatkannya dengan harapan yang diinginkannya, perasaan tersebut bisa senang
atau sebaliknya.
Memuaskan konsumen merupakan
keinginan setiap perusahaan. Dengan kepuasan konsumen perusahaan tersebut dapat
point lebih dari pesaingnya. Kepuasan
juga merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang suatu
produk, konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung akan
membeli lagi produk dan menggunakan jasa pelayanan kembali saat kebutuhan yang
sama datang.
Faktor-
faktor yang dapat Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen
Ada beberapa faktor yang dapat
menentukan tingkat kepuasan konsumen, diantaranya
1.
Kualitas Produk
Konsumen akan merasa puas bila
produk yang mereka beli berkualitas
2.
Kualitas Jasa
Untuk industri pelayanan jasa,
konsumen akan merasa puas bila mendapatkan pelayanan yang baik dan tidak
mengecewakan dari pelayanan jasa yang mereka gunakan.
3.
Tingkat Emosional
Kepuasan diperolah bukan hanya dari
kualitas produk saja, tetapi nilai sosial suatu produk dapat membuat konsumen
menjadi puas. Konsumen akan merasakan bangga apabila dia menggunakan suatu produk
karena produk tersebut memiliki nilai sosial dimata masyarakat, menurutnya
masyarakat akan kagum terhadap dia.
4.
Harga
Produk yang memiliki kualitas yang
sama tetapi mempunyai harga yang lebih murah akan menarik konsumen karena
memberikan nilai yang lebih tingggi dibanding produk yang mahal.
5.Biaya
Biaya tambahan yang tidak perlu
ditanggung atau dikeluarkan oleh konsumen dapat meningkatkan kepuasan konsumen
atas produk atau jasa yang digunakan.
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/analisis-mengenai-perilaku-konsumen-terhadapsuatuproduk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar