Kamis, 20 Juni 2013

ANALISIS MENGENAI PERILAKU KONSUMEN PADA SUATU PRODUK DAN BAGAIMANA KONSUMEN MENDAPATKAN KEPUASAN MAKSIMAL DARI SUATU PRODUK




Kepuasan Konsumen

Definisi kepuasan konsumen menurut para ahli yakni:
  • Kepuasan konsumen adalah tingkat perbandingan antara apa yang dia terima dan harapannya. (Umar, 2005:65)

  • Menurut kotler[1], Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannyaJadi, kepuasan merupakan fungsi dari persepsi atau kesan atas kinerja dan harapan.

  • Biong menjelaskan kepuasan sebagai sebuah konsekuensi atau akibat atas pengalaman satu pihak terhadap kemampuan pihak lain untuk memenuhi norma-norma atau aturan-aturan dengan harapan-harapannya.

Dari definis-definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen adalah perasaan seseorang atas apa yang didapatkannya dengan harapan yang diinginkannya, perasaan tersebut bisa senang atau sebaliknya.

Memuaskan konsumen merupakan keinginan setiap perusahaan. Dengan kepuasan konsumen perusahaan tersebut dapat point lebih dari pesaingnya.  Kepuasan juga merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang suatu produk, konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung akan membeli lagi produk dan menggunakan jasa pelayanan kembali saat kebutuhan yang sama datang.

Faktor- faktor yang dapat Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen
Ada beberapa faktor yang dapat menentukan tingkat kepuasan konsumen, diantaranya
1. Kualitas Produk 
Konsumen akan merasa puas bila produk yang mereka beli berkualitas

2. Kualitas Jasa
Untuk industri pelayanan jasa, konsumen akan merasa puas bila mendapatkan pelayanan yang baik dan tidak mengecewakan dari pelayanan jasa yang mereka gunakan.

3. Tingkat Emosional
Kepuasan diperolah bukan hanya dari kualitas produk saja, tetapi nilai sosial suatu produk dapat membuat konsumen menjadi puas. Konsumen akan merasakan bangga apabila dia menggunakan suatu produk karena produk tersebut memiliki nilai sosial dimata masyarakat, menurutnya masyarakat akan kagum terhadap dia.

4. Harga
Produk yang memiliki kualitas yang sama tetapi mempunyai harga yang lebih murah akan menarik konsumen karena memberikan nilai yang lebih tingggi dibanding produk yang mahal.

5.Biaya
Biaya tambahan yang tidak perlu ditanggung atau dikeluarkan oleh konsumen dapat meningkatkan kepuasan konsumen atas produk atau jasa yang digunakan.


Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/analisis-mengenai-perilaku-konsumen-terhadapsuatuproduk







Tidak ada komentar:

Posting Komentar